I'LL AROUND THE WORLD

Computer Network Engineering

Minggu, 18 Februari 2018

Kinerja Input & Output BUS

Kinerja I/O BUS



Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini, Saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai kinerja input & output pada BUS.
.
A. BUS Input

Input adalah semua data & perintah yang dimasukkan kedalam memory komputer untuk selanjutnya diproses oleh processor. Sebuahnya perangkatnya input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data kedalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar kedalam microprocessor.

B. BUS Output

Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

C. Spesifikasi & Karakteristik

Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok yaitu :

1. Saluran Data
Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiridari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diaktifkan dengan lebar bus data.
2. Saluran Alamat
Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word data dari memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. Lebar bus alamat akan menentukan kapasitas memori maksimum sistem.
3. Saluran Kontrol
Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses kesaluran alamat dan penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya.


D. Persyaratan & Ketentuan Penggunaan

1. Sifat penting dan merupakan syarat utama bus adalah media transmisi yang dapat digunakan bersama oleh sejumlah perangkat yang terhubung padanya. Meskipun digunakan secara bersama namun penggunaan jalur hanya diperuntukan oleh satu perangkat pada sekali waktu. Sehingga diperlukan aturan dalam kerjanya untuk menghindari terjadinya tabrakan data yang sedang ditransmisikan.
2. Harus Memenuhi Syarat Sistem Komputer Minimal

Adapun fungsi tiap bagian dalam sistem komputer minimal :

1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer


2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.


3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.


4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.


5. Memory
Memory terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.


6. Data BusAdalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.


7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.


8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.



SOAL!

1. Jelaskan yang dimaksud protocol jaringan pada komputer terapan!
2. Jelaskan protocol RS-232 dan RS-485!
3. Jelaskan yang dimaksud dengan USB dan sebutkan 3 proses transaksi pada USB!
4. Sebutkan dan jelaskan secara singkat 3 jenis bus!
5. Sebutkan 2 syarat dan ketentuan pada bus!



JAWAB

1. Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.

2. a). Protokol RS232 merupakan protokol serial yang digunakan untuk berkomunikasi antara perangkat atau instrumen dengan komputer melalui Port COMM. Untuk melakukan komunikasi melalui protokol ini, diperlukan sebuah serial driver. Ketika menggunakan driver ini, ada beberapa informasi dari perangkat yang harus diketahui oleh driver. Informasi itu adalah Nomor Port Comm, Baud Rate, parity, data bits, dan stop bits.

    b). RS485 / EIA (Electronic Industries Association) RS485 adalah jaringan balanced line dan dengan sistem pengiriman data secara half-duplex. RS485 bisa digunakan sebagai jaringan transfer data dengan jarak maksimal 1,2 km.

3. USB adalah host-centric bus di mana host/terminal induk memulai semua transaksi. Paket pertama/penanda (token) awal dihasilkan oleh host untuk menjelaskan apakah paket yang mengikutinya akan dibaca atau ditulis dan apa tujuan dari perangkat dan titik akhir. Paket berikutnya adalah data paket yang diikuti oleh handshaking packet yang melaporkan apakah data atau penanda sudah diterima dengan baik atau pun titik akhir gagal menerima data dengan baik. Setiap proses transaksi pada USB terdiri atas:

· Paket token/sinyal penanda (Header yang menjelaskan data yang mengikutinya)
· Pilihan paket data (termasuk tingkat muatan)
· Status paket (untuk acknowledge / pemberitahuan hasil transaksi dan untuk koreksi kesalahan)

4. Berdasarkan jenis busnya, bus dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu, misalnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut dedicated bus. Namun apabila bus menyalurkan informasi yang berbeda baik data, alamat maupun sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus.
Terdapat berbagai jenis bus antarmuka terutama untuk perangkat peripheral. Diantara jenis bus yang beredar di pasaran saat ini adalah PCI, ISA, USB, SCSI, FuturaBus+, FireWire, dan lain-lain

1. Bus ISA (Industry Standar Architecture), yang pada dasarnya adalah bus PC/AT yang beroperasi pada 8,33 MHz.Keuntungannya adalah bahwa pendekatan ini tetap mempertahankan kompatibilitas dengan mesin-mesin dan kartu-kartu yang ada.

2. Bus PCI merupakan sistem bus yang muncul dari kebutuhan standarisasi. Bus tersebut mendukung fungsi yang terdapat dalam bus prosesor tetapi dalam format terstandarisasi yang lepas dari prosesor tertentu.

3. Bus USB Tujuh vendor komputer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom) bersama-sama merancang bus untuk peralatan I/O berkecepatan rendah. Standard yang dihasilkan dinamakan Universal Standard Bus (USB).Bandwidth total USB adalah 1,5 MB per detik (lowspeed) dan 12 MB per detik (fullspeed).

4. Bus SCSI (Small Computer System Interface) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipopulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standard untuk drive CDROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar.

5. Bus P1394 / Fire Wire Dikembangkan bus performance tinggi yang dikenal dengan Fire Wire (P1394 standard IEEE). P1394 memiliki kelebihan dibandingkan dengan interface I/O lainnya, yaitu sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan.

5. a). Sifat penting dan merupakan syarat utama bus adalah media transmisi yang dapat
digunakan bersama oleh sejumlah perangkat yang terhubung padanya. Meskipun
digunakan secara bersama namun penggunaan jalur hanya diperuntukkan oleh satu
perangkat pada sekali waktu. Sehingga diperlukan aturan dalam kerjanya untuk
menghindari terjadinya tabrakan data yang sedang ditransmisikan.

    b). Harus memenuhi Syarat Sistem Komputer Minimal

Sekian dari postingan kali ini.. Kurang lebihnya mohon maaf..
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Fixed Sidebar (true/false)

Diberdayakan oleh Blogger.

Technology

Facebook

News

Recent Posts

test banner

Configuring Wireless Protocols Mikrotik

Tutorial Konfigurasi Wireless Protocols Mikrotik Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini, Saya akan memberikan tutorial ...

Cari Blog Ini

Archive

Connect With us

Over 600,000+ Readers Get fresh content from FastBlog

Comments

ID Game

[DPD]GANZ

TKJ KERAS

No Reply No Party

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Video

Link list 1

Recent

Sponsor

AD BANNER

Popular Posts

Link list 2

Archive

Recent Posts

sigma2